Kamis, 25 Juni 2009

PNPM Mandiri Perdesaan 2009 Kec. Cawas

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Kecamatan Cawas, untuk tahun Anggaran 2009, sampai dengan bulan juni 2009 telah selesai menyelesaikan kegiatan verifikasi usulan kegiatan yang diajukan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Usulan kegiatan dari desa - desa terdiri dari 3 jenis usulan, yang 2 usulan merupakan usulan dari hasil musyawarah khusus perempuan (MKP) dan 1 usulan dari musyawarah desa perencanaan yang dihasilkan dari usulan perempuan dan laki-laki (campuran).
Kecamatan Cawas yang merupakan daerah pertanian banyak mempunyai kebutuhan akan sarana prasarana. Disamping itu rumah tangga miskin yang rata-rata buruh tani dan petani kecil kurang mempunyai ketrampilan untuk memanfaatkan alat-alat pertanian modern, untuk itu disamping usulan kegiatan yang mendukung lahan pertanian (Talud saluran), juga prioritas usulan kegiatan berupa pelatihan peningkatan kualitas hidup petani dan buruh tani, yaitu kegiatan pelatihan penggunaan alat-alat pertanian, pembuatan pupuk organik, pengelolaan tanaman padi organik, pembuatan pakan ternak, pelatihan pemanfaatan limbah untuk biogas, peningkatan mutu tenun lurik cawas ATBM, pelestarian batik tulis cawas, pembuatan makanan olahan berbahan baku lokal, los pasar desa, ketrampilan untuk penganggur lulusan SMA dari keluarga miskin, ternak bergulir, simpan pinjam khusus kelompok perempuan produktif.
Semua kegiatan tersebut diatas menjadi prioritas utama yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kecamatan Cawas.
Untuk hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut anda dipersilahkan mengunjungi kecamatan cawas, dan buktikan bahwa PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Cawas, walaupun belum maksimal, namun mampu menjadi kebanggan masyarakat Cawas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar